Mau Ikutan English Club?

Berawal dari keinginan buat tetap belajar bahasa inggris tapi tanpa ngeluarin biaya banyak buat les, akhirnya aku coba iseng browsing semacam english club yang gratis yang ada di Jakarta. As we know, Jakarta menyediakan semua apa yang dibutuhkan dan apa yang diinginkan. Mulai dari yang biasa sampai luar biasa. Mulai dari yang halal sampai yang haram. Mulai dari yang putih sampai yang hitam. Bahkan kalau kata Mbak Leli, tetangga kamar di kosan, Jakarta pun bisa menyediakan “abu-abu” thingy.

Kenapa cari yang gratis? Karena kalau harus mengeluarkan uang yang notabenenya cukup mahal untuk ikut kursus conversation lagi, rasanya sayang. Yang dibutuhkan saat ini adalah lingkungan yang bisa “push” aku buat berbicara pakai bahasa Inggris. No matter how many wrong vocabularies and grammar in your sentences. Tapi kalau buat belajar bahasa asing baru selain bahasa Inggris, tidak apa menyediakan budget khusus.

Ketika memasukkan keyword “english club di jakarta”, hal pertama yang muncul di urutan teratas adalah Britzone English Club. Merupakan komunitas buat having fun with English, tanpa dipungut biaya apapun. Diadakan tiap hari Selasa dan Rabu pukul 18.30-20.00 dan Sabtu pukul 11.00-13.00. Lokasinya? Strategis banget. Di perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Jalan Sudirman, persis disamping Ratu Plaza. Lokasinya dekat sekali dengan halte busway. Perpustakaannya juga dekat sama pintu gerbangnya. Masuk gerbang, jalan lurus ke depan, langsung kelihatan perpustakaannya.

Kemaren, Sabtu, aku menyengajakan diri buat datang. Kenapa bahasanya menyengajakan? Karena niat buat ikut kelas ini udah dari 3 minggu yang lalu. Tapi belum pernah dieksekusi karena berbagai macam hal. Mulai dari cape pulang dari kampus, mau ngawas ujian, yang mau jalan-jalan ke Bandung sampai ke alasan paling mainstream, malas. Dan ternyata ikutan kelas Britzone English Club ini seru! The class was great! Jadi agak-agak kepikiran, kenapa tidak dari dulu ikutan kelas ini.

Kelas ini cukup interaktif kalau menurut aku. Tapi, sebaiknya ada satu syarat yang mutlak harus dipenuhi kalau pengen ada peningkatan skill speaking setelah ikut kelas ini. Percaya diri. Kalau cuma malu-malu dan tidak mau mencoba speaking, sama saja bohong. Jadinya cuma jadi penonton yang ikutan ketawa. Jadi, hiraukan grammar yang ribet itu, dan just speak.🙂

Dan Sabtu ini pas sekali bertepatan dengan final day of election buat president english club ini. Durasi kelas jadi sedikit lebih lama karena ada semacam pengenalan dan kampanye dari masing-masing kandidat. Para kandidatnya oke punya. Dan jangan ditanya skill mereka dalam casciscus pakai bahasa Inggris. Lancar sekali. Bahkan ada satu kandidat, yang speaking english pakai aksen British yang kental. Jadi berasa nonton Harry Potter dan Sherlock Holmes The Series. Amazing pokoknya!

image

Jadi, buat kamu yang ingin punya tempat buat belajar membiasakan diri casciscus pakai bahasa Inggris, silahkan datang ke perpustakaan Kemendikbud lantai 1 setiap Selasa dan Rabu pukul 18.30-20.00 dan Sabtu pukul 11.00-13.00. Silahkan pilih mau datang di hari apa, sesempatnya. Kalian akan disuguhi kelas yang memang fun dan interaktif. Hayo, segera join dengan komunitas ini. InsyaAllah bermanfaat!🙂

6 thoughts on “Mau Ikutan English Club?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s