Seimbang

Seimbang ini bermanfaat banget diinget pas aku melancong ke dunia Gramedia. Dunia Gramedia itu dipenuhi berbagai macam warna yang bakalan menarik perhatian dan juga isi dompet. Mulai dari yang warnanya unyu unyu girly sampe yang artistik nan misterius. Semuanya siap memanjakan visual, sekaligus juga membahayakan isi tabungan.

Andaikata, seimbang ini terlupakan, mungkin buku-buku karya Ika Natassa, Raditya Dika, Fahd Pahdepie, Ilana Tan, Pidi Baiq, Tere Liye bakalan semuanya aja dimasukin kantong belanjaan. Tapi dengan niat biar nutrisi otak seimbang sama nutrisi buat hati, makanya cuma beberapa buku dari penulis-penulis diataslah yang terpilih masuk ke dalam kantong belanjaan, yaitu buku Tere Liye “Hujan” sama Pidi Baiq “Dilan #2”. Kenapa milih 2 buku ini? Iya, karena yang satu sarat makna dalam kata-kata yang serius. Yang satunya lagi semi sarat makna dalam kata-kata yang bikin ketawa.

Dan ga lupa, biar referensi bacaannya agak “sastra” dikit, ga ketinggalan buku karya Sapardi Djoko Damono “Hujan Bulan Juni” juga dimasukin ke kantong belanjaan. Walaupun buku yang aku ambil  ini adalah yang versi novel, tapi tetap aja rangkaian katanya..umm bisa dibilang punya keindahan yang beda *halah ini penilaian awam dari orang yang ga ngerti karya sastra*

Kemudian, nutrisi buat hati sih harusnya mesti seimbang juga sama nutrisi buat otak. Jadilah buku terbitan Kesaint Blanc yang buat belajar Bahasa Jepang sama Bahasa Inggris dimasukin juga ke kantong belanjaan. Hari giniiii masih belajar bahasa Inggris?
Bodo amat ah, mesti ekstra belajar biar bahasa Inggrisnya ga pas-pasan. Kan lagi tren banget sekarang perbincangan tentang MEA. Namanya juga belajar ya mesti diulang-ulang. Kali aja ada tenses yang lupa. Terus belajar bahasa Jepang mau ngapaiiiin?? Iya, ntar kali aja ada rejeki kuliah lagi di Jepang. Kalau pun ga rejeki, sekurang-kurangnya biar nambah deretan kemampuan bahasa asing di CV. Namanya juga usaha dan belajar.

Plus satu lagi terkait dengan pengelolaan air bersih di negara yang berhasil menerapkan penyediaan layanan air yang sukses, akuntabel dan akses layanannya bisa menjangkau seluruh penduduknya, yaitu Paris. Ini mah murni karena aku ngaku-ngaku anak Teknik Lingkungan yang harusnya paham masalah penyediaan dan distribusi air bersih. Sudahlah, nanti aja kita bahas lebih lanjut terkait buku ini kalau udah selesai aku baca.

Dan, last but not least, ini adalah buku yang fungsinya buat nutrisi isi dari isinya hati. Kalau bisa dibilang, ini adalah buku yang semoga bisa jadi nutrisi bagi jiwa. Atau mungkin lebih tepatnya iman. Jiwa kerdil, iman yang masih di taraf menyedihkan, hati yang masih dekil, akidah yang masih merosot turun, semoga bisa tercerahkan dengan buku ini. Novel biografi karya Tasaro GK “Muhammad, Sang Pewaris Hujan”. Agak telat buat baca buku ini karena ini udah buku ketiga. Buku yang pertama dan kedua selalu dapet review yang bagus di Goodreads. Hampir semua review buku-buku ini bilang, ini buku luar biasa. Sebelumnya udah ada yang “Muhammad, Lelaki Pengenggam Hujan” dan “Muhammad, Sang Pengenggam Hujan”. Tapi semoga bisa ngerti dan nyambung. Kalau emang bukunya kece, semoga nanti masih bisa dapetin buku yang pertama dan kedua.

Sekian, cerita aku tentang seimbang tapi mengarah ke khilaf. Karena tetap isi kocek mesti terogoh agak dalem supaya buku ini boleh dibawa pulang. Kalau masukin ke kantong belanjaan doang sih enak ya, tinggal masukin, beres. Nah kalau mau bawa pulang buku-buku ini, mesti bayar. Bayarnya sambil sedikit menghela napas berat tapi puas.

Selamat menunggu review buku-buku tersebut dari aku *iya gitu ada yang nungguin?*  dan selamat membaca. Berikut diselipin quote dari Pidi Baiq yang sebagiannya tertulis dengan kecenya di dinding di jalan Braga, Bandung.

Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah Wilayah belaka, lebih jauh dari itu melibatkan Perasaan, yang bersamaku ketika sunyi. Mungkin saja ada tempat yang lainnya, ketika kuberada di sana, akan tetapi Perasaanku sepenuhnya ada di Bandung, yang bersamaku ketika rindu 

6 thoughts on “Seimbang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s