Belum Ada Judul

Holla Readers!
Selamat malam dari Tugu Pancoran!

Dikasih waktu untuk istirahat full ga kerja itu adalah suatu nikmat yang patut banget buat disyukuri. Berdiam diri di kamar karena ga boleh kemana-mana, menjadikan hal-hal yang akhir-akhir ini sering terlupakan tiba-tiba jadi menarik lagi buat dikerjain. Hari ini contohnya. Bukunya Tere Liye yang judulnya “PULANG” yang aku beli sebulan lalu, yang cuma dibaca setengah buku dan setelah itu ga disentuh-sentuh lagi, justru sore ini malah tamat bacanya dalam waktu 3 jam saja. Terus tumpukan benang rajut yang tersudutkan di antara tumpukan-tumpukan barang di kosan, justru tiba-tiba menjelma jadi rindu yang minta diobati. Dan voila, jadilah rajutan amigurumi yang bentuknya hati yang warnanya pinky dan unyu-unyu. Terakhir buku IELTS yang dulu gayanya niat beli mau dipelajari (waktu itu sih niatnya sungguh-sungguh) tapi pada kenyataannya cuma jadi pajangan buat nambah deretan buku di meja belajar itu, justru jadinya dikeluarin lagi terus di-oret-oret buat latihan. Boleh dibilang, ini waktu luang yang sangat berharga dan nikmat banget.

Ternyata rasanya menyenangkan punya banyak waktu yang ga mesti dihabiskan melulu di depan laptop. Mata ga perih dan otak ga pusing. Hasilnya pun unyu-unyu, contohnya rajutan hati warna pinky-pinky yang niatnya mau dijadiin hiasan tirai pintu di kosan. Dan kelar baca novel “PULANG”, selalu dapet pesan yang ciamik menyentuh hati yang patut banget dicatat baik-baik dan dipraktekin dalam hidup. Kecuali yang latihan soal IELTS sih, bikin pusing juga. Tapi berharga banget karena memang salah satu target yang meti dicapai sebelum lanjut sekolah lagi adalah skor IELTS mesti bagus dan memenuhi syarat.

Sedikit cerita tentang novel Tere Liye yang biasanya rada dramatis, novel “PULANG” ini mengusung tema yang beda dari novel

Tere Liye yang lain. Penuh aksi. Baca novel ini berasa nonton Mission Impossible atau nonton film Cina yang isinya komplotan-kompolotan penjahat yang berkelahi. Ada adegan tembak-tembakan, ada adegan yang pake naik helikopter dari atap gedung bertingkat, ada adegan bom-bom-an dan masih banyak adegan lainnya yang ngasih sensasi beda sewaktu baca buku ini. Salut banget sama Tere Liye yang punya ide seabrek buat nulis ini buku. Mulai dari praktek shadow economy, dunia hitam, pasar uang hingga ilmu beladiri yang terkenal di Jepang, Samurai. Heran, itu dapat ide darimana sih? Yakin kalau Tere Liye pasti udah riset abis-abisan untuk buat buku ini menjadi benar-benar ngalir dan hidup. Salut banget, Tere Liye keren.
Tapi nulis buku yang didalamnya penuh aksi bukan berarti menjadikan Tere Liye kehilangan identitasnya. Seperti ciri khasnya dalam novel-novel yang lain, selalu ada pelajaran yang bakalan ampuh menyentuh hati pembacanya. Tere Liye pinter banget bikin benang merah yang membuat hidup si tokoh utama sarat makna. Kata-kata bijak tetap jadi daya tarik utama buku ini, seperti penggalan ucapan sang Guru Bushi, yang ngajarin tokoh utama ilmu Samurai, berikut ini:

“Sejatinya dalam hidup ini kita tidak pernah berusaha mengalahkan orang lain, dan itu sama sekali tidak perlu. Kita cukup mengalahkan diri sendiri. Egoisme. Ketidakpedulian. Ambisi. Rasa takut. Pertanyaan. Keraguan. Sekali kau bisa menang dalam pertempuran itu, maka pertempuran lainnya akan mudah saja”

Sering gini kan ya? Paling susah itu ya ngalahin ego diri sendiri. Btw, buku ini kalau dijadiin film kayaknya keren. Tokoh utamanya yakin bakalan kece ganteng.

NB : Setelah masuk kerja lagi, mesti ada pemahaman yang baru buat ngebagi waktu antara yang namanya istirahat pulang kerja dengan istirahat sambil nikmati waktu buat diri sendiri. It’s totally different, when you just sleep and when you do something fun for “healing” your tiredness and stress.

2 thoughts on “Belum Ada Judul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s