Beneran Suka Baca Buku?

Holla Readers!

Hari ini adalah hari dimana tiba-tiba aku mempertanyakan kembali hobiku.

Ini beneran aku suka baca buku?

Pertanyaan ini muncul ketika aku jalan-jalan ke Gramedia yang ada di Matraman siang ini. Seperti biasa, deretan buku dengan cover yang ciamik itu masih tetap menyenangkan untuk dilihat. Masih tetap bikin greget, bikin gemes serasa pengen dibeli semua. Masih tetap bikin otak mikir, ga apa ngeluarin duit 300ribu buat beli buku aja. Masih tetap bikin betah, walaupun udah keliling hampir 2 jam.

Tapi yang bikin bingung hari ini adalah, aku beli buku baru dalam kondisi masih ada 2 buku yang aku beli sebulan lalu dan masih belum aku kelarin bacanya. Dua buku itu baru dibaca setengahnya. Sama-sama belum dikelarin. Yang satu selalu dibawa didalam tas, tapi ga pernah dibaca. Alhasil, itu buku-buku kadang cuma nangkring di rak buku di kosan. Tambah beli buku baru artinya nambah tumpukan buku yang mesti dibaca. Ini sebenernya aku hobi baca buku apa hobi koleksi buku??

Situasinya beda banget waktu aku masih kerja di Siak. Dulu aku bisa kelarin baca 3 buku dalam waktu satu bulan, di waktu day-off. Sekarang? Boro-boro sabtu minggu baca buku. Aku malah memilih berkutat ngerjain laporan kerjaan atau tidur. Dulu sebelum tidur aku bisa luangin waktu buat baca 1-3 halaman. Sekarang? Mau tidur aja masih suka kepikiran, “kerjaan yang belum beres apalagi ya?” “Besok yang harus dikerjain yang mana dulu ya?”

Ah, hidup itu aneh ya. Kita justru sering banget ga menikmati “saat ini”. Cenderung kepikiran, “besok mau ngapain atau besok bakal seperti apa ya?”. Terjebak dalam pikiran, “nanti kedepannya hidup gue bakalan bahagia apa ga?” Udah galau duluan mikir, “nanti kalau nikah sama si B, dia bakalan jadi suami yang baik ga ya?”. Dan berbagai macam pikiran-pikiran lain yang membuat waktu “saat ini” didominasi oleh pikiran untuk waktu “nanti”. Bikin nyesek ga sih?

Terlalu fokus dengan kerjaan, ujung-ujungnya malah ga bisa menikmati apa yang kita lunya dan yang ada di sekitar kita. Bahkan yang parahnya, mungkin ada yang sampai lupa nelpon orangtua, lupa tanggal ulang tahun orang-orang tercinta, lupa kasih perhatian sama orang-orang tersayang atau bahkan lupa ngurusin diri sendiri. Padahal kalau kita mau liat-liat lagi, kita sebenarnya masih punya waktu buat “menikmati diri sendiri”. Itu lho, bahasa kecenya mah “me time”. Yang sebenarnya kita masih bisa meluangkan sedikit waktu untuk orang-orang yang kita sayang dan diri sendiri.

Sambil nulis ini, akhirnya aku sadar. Hobiku bener emang baca buku tapi aku yang kurang menikmati waktu buat bisa baca buku tiap harinya. Hari-hari biasanya aku lewatin dengan berkutat depan laptop, panik dengan deadline, pusing sama bahan ajar tapi lupa kalau hati dan otakku punya hak buat rileks sebentar. Punya hak untuk bertukar suasana untuk sesaat. Punya hak untuk menarik napas dengan tenang untuk beberapa menit. Dan aku punya buku-buku karya orang-orang hebat yang sarat makna, yang menunggu untuk dibaca.

image

Jadi? Beneran hobi aku baca buku? Iya bener. Walaupun ga boong juga, sebenernya aku juga hobi koleksi buku. Bahagia kalau liat deretan buku di rak kayak gini. Kalau bisa mah nanti punya perpustakaan mini di rumah. Aamiin

image

*ini ditulis tanggal 23 November 2015 a.k.a kemaren*

Update tanggal 24 November 2015.
Hari ini aku bisa kelarin hampir setengah dari buku yang baru aku beli kemaren, di sela-sela ngetik laporan kerjaan! Wow! Pencapaian yang alhamdulillah pantas disyukuri, masih nyempetin waktu buat baca buku. Masih bisa nyelipin “me time” buat baca buku di sela-sela waktu yang lumayan hectic. Rasanya? Otak jadi lebih rileks! Ntar kalau udah kelar baca 1 buku, insyaAllah bakal aku review ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s