Jarak dan Cinta

Cinta itu tidak selalu melekat pada kebersamaan, tapi melekat pada doa-doa yang disebutkan dalam senyap.

Itulah kenapa seorang Ibu bisa terus mendoakan anak-anaknya meski terpisah samudera dan benua. Pun seorang istri/suami bisa terus membisikkan doa-doa terbaik bagi pasangannya, meski telah terpisah oleh kematian. Tidak bersama secara fisik, tapi bersama dalam doa-doa terbaik – Tere Liye

*ini ditulis tanggal 15 Februari 2015, zaman-zaman masih ngekos di Bandung, dulunya masih berupa draft. Sekarang di publish dalam rangka hari Ulang Tahun Ibu :)*

Holla Readers!!!

Selamat malam dari ruang tengah kosan, nulisnya sambil liatin langit malam lewat jendela yang tanpa teralis. Full kaca bening. Sayangnya malam ini langitnya lagi ga ada bintang. Bulan pun juga ga keliatan. Padahal tadi bela-belain naik ke lantai jemuran paling atas buat celingak celinguk nyari bintang *kurang kerjaan banget ke lantai jemuran nyari bintang*. Tapi emang lagi ga ada, dan ya udahlah. Ah, tiba-tiba jadi ingat Rinda yang sekarang udah ga ngekos disini lagi karena udah lulus kuliah bulan Juli kemaren. Jadi ingat kalau dulu kita suka banget ngobrol di ruangan tengah gini sambil makan malam bareng. Ngobrolin banyak hal ngalor ngidul dan tiba-tiba jadi histeris sendiri kalau ngeliat lampu pesawat di langit malam. Dan kita bakalan nyeletuk bilang “pengen pulang kampung, kangen rumah” dengan tampang memelas.

Dan aku nulis ini dalam keadaan muka bentol-bentol, merah dan sedikit gatal. Ga tau salah makan apa atau salah pakai bedak apa, tiba-tiba ini muka jadi merah-merah sendiri. Iya, dalam keadaan muka bentol-bentol dan hati yang tiba-tiba kangen banget sama rumah, sama ayah ibu.Memang sedikit lebih ribet punya hati yang perasa banget. Apa-apanya dibawa ke hati. Gampang banget melow dan nangis. Dikasih liat video tentang ibu, nangis. Nonton film “The Lake House” kemaren sore juga nangis. Apalagi kalau ngulang nonton film “Miracle in Cell No.7”, huuuaaaa bisa nangis lagi sampai mata jadi bengkak. Plus kalau lagi tanggal tua gini, liat isi dompet aja bisa bikin nangis. -_____-

Dan sekarang tiba-tiba jadi ingat ibu, Lubuk Basung berasa jauh banget dari sini.

Jadi ingat Ibu dulu pernah bilang, kalau diikutin maunya hati, beliau mau semua anak-anaknya ada di rumah dekat beliau. Supaya beliau bisa mengawasi kami, mengingatkan kami makan dan bisa menjaga kami di kala sakit. Tapi justru beliau malah bilang bahwa jika beliau tetap bersikeras untuk kami tetap di rumah, itu tandanya beliau tidak sayang kami. Ayah dan Ibu menyekolahkan kami dan berharap kami bisa mengaktualisasikan diri dengan baik di luar sana.

Resiko yang harus diambil? Ayah dan Ibu harus berjauhan dengan anak-anaknya.

Namun, doa-doa yang selalu mereka lirihkan lebih dari sekedar cukup untuk membuat kami tetap dekat, tetap saling sayang.

09 November 2015

Huaa, berasa pengen pulang kampung buat nemenin ibu yang lagi ulang tahun. Pas banget semalam sebelum ibu ulang tahun, beliau nelpon sambil mengeluh lagi sakit gigi. Ga tau penyebabnya apa, gigi berlubang ga, bengkak juga ga. Akhirnya ya udah dibecandain aja,bilang “ Bu, lebih baik sakit gigi dibandingkan sakit hati” abis itu langsung nyanyi dangdut. Terus alhamdulillah Ibu ketawa.

IMG-20151109-WA0003

Selamat ulang tahun Ibu, semoga Allah selalu melimpahkan banyak kebaikan dan kebahagiaan buat Ibu. Maaf belum bisa pulang, tapi semoga doa-doa yang saling kita selipkan di tiap habis sholat itu bisa menjadi jembatan penyambung yang membuat kita tetap saling dekat, saling sayang, saling mengasihi. Kami sayang Ibu.

“Distance means so little, when someone means so much – Anonim”

4 thoughts on “Jarak dan Cinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s