47 kg

Holla Readers!!

There’s always a first time for everything.

Dan biasanya yang serba pertama kali itu selalu bikin deg-degan. Iya banget, apalagi kalau pertama kali buat ikut donor darah. Bayangan ditusuk-tusuk pake jarum gede terus ngeliat ada darah kita diambil dan ngalir via selang bening. Ngeri!!

Nah jadi ini ceritanya kira-kira seminggu yang lalu, aku nyobain donor darah buat pertama kalinya. Di malam sebelum kegiatan donor darah, si Resti, temen sekosan cerita dia mau ikut donor darah di kampus. Pas dia cerita, akunya jadi kepengen ikutan karena emang belum pernah sama sekali nyobain ikut donor darah.

“Pengen ikutan Ti! Besok jam berapa dan dimana? Barengan ya.”

Terus si Resti malah ngerespon gini,

“Kamu tuh ga memenuhi syarat buat ikut donor darah, terlalu kurus! Soalnya ntar ada berat badan minimal buat ikut donor darah. 47 kg kalau ga salah. Berat badan kamu nyampe segitu ga??”

Asli, jleb. Rese banget si Resti.

Berhubung percaya sama omongan si Resti dan ga yakin juga berat badan bakalan nyampe 47 kg *biasanya berat badan di kisaran 45 atau 46 kg doang*, akhirnya batal deh niat buat ikut donor darah.

Keesokan harinya, karena mau ikutan kelas tahsin bareng Resti siang setelah sholat zuhur, akhirnya kita janjian ketemuan di lokasi acara donor darah di kampus. Nyampe disana, malah iseng nyobain ikut daftar *labil emang, tadi malam padahal niatnya udah dibatalin*. Si petugas nyuruh cek kesehatan dulu.

Pertama, cek dulu berat badan. Naik ke timbangan dan horeee! Berat badannya 48 kg yay! Alhamdulillah.

Kedua, cek tekanan darah. Pas diperiksa sama petugas kesehatannya dan horee lagi! Ada di angka 110, normal! Alhamdulillah.

Berarti bisa ikut donor darah.

Berikutnya giliran cek golongan darah apa. Golongan darahnya AB *sesuai sama hasil cek golongan darah waktu dulu jaman SMA*. Dan si dokternya langsung bilang “ini golongan darah langka mbak, mbak harus ikutan donor darah!”

Siap deh pak Dokter.

Berikutnya adalah nunggu giliran namanya dipanggil buat donor. Nah ini yang bikin pikiran jelek tentang donor darah makin menjadi-jadi. Selama nunggu, pemandangan di depan mata tentu aja deretan orang-orang yang lagi duduk di kursi sembari darahnya diambil. Parahnya, ada satu cowok yang setelah donor, darahnya ternyata masih ngalir aja padahal udah ditahanin pake kapas. Terus ada lagi cowok yang tiba-tiba pusing pas donor darah sampe-sampe dikasih oksigen biar ga pingsan. Alamak, pemandangan kayak gini ga bagus banget buat pemula kayak aku sama si Resti. Tapi ya sudahlah, sudah kepalang niat. Maju terus pantang mundur, walaupun sebenarnya ini hati udah kebat-kebit.

And for short, alhamdulillah donor darahnya berjalan lancar. Walaupun pas giliranku, selama darahnya diambil, ini mulut terus komat kamit bacain doa sama berusaha ngasih sugesti sama tubuh sendiri supaya jangan pusing dan pingsan *stay awake, Fanny, stay awake*

Setelah donor darah, aku jadi kepikiran ternyata kita juga butuh tetap sehat buat orang lain. Pas nunggu giliran, sempat ngobrol sama teteh-teteh yang duduk di sebelah. Dia bilang ngerasa sedih karena dia kepengen banget ikut donor darah, tapi berat badannya kurang dan ga memenuhi syarat buat ikut donor. Ternyata berat badan di angka 47 kg itu berarti banyak buat orang yang mau ikut donor. Kebayang ga kalau situasinya gini. Ada keluarga yang lagi butuh golongan darah AB, stok darah lagi abis dan cuma kita satu-satunya yang punya golongan darah yang sama. Tapi kita ga bisa donor darah karena berat badan ga memenuhi syarat atau tekanan darahnya lagi ga stabil. Sayang banget kan?

So, be healthy everybody!

With Love,

Salam Semangat!!

8 thoughts on “47 kg

  1. Subhanallaah. Semoga segera dapat tambahan berat ya Fan, biar bisa lebih sering bantu orang. Mulia sekali niatnya. Semoga dibalas Allah dengan segudang kebaikan.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s