Besar Hati

Holla Readers!!!

Ngomongin tentang besar hati, perkara berbesar hati mungkin mudah buat orang yang hatinya sudah besar. Maksud aku, berbesar hati mungkin mudah untuk orang yang sifat aslinya sudah baik, legowo, ga neko-neko dan itu tadi, mungkin memang sudah lapang hatinya. Tapi bagaimana dengan orang-orang yang dilahirkan dengan sifat sulit memaafkan, iri melihat keberhasilan orang lain atau gampang tersinggung? Hidup mungkin akan terasa begitu menyesakkan bagi mereka. Sedikit saja orang salah bicara, mereka langsung tersinggung dan marah. Sedikit saja perasaan mereka tersakiti, maka mereka akan sulit sekali memaafkan. Sedikit saja melihat orang lain lebih unggul, maka mereka akan merasa iri. Sedikit saja dinasehati lalu merasa orang lain terlalu ikut campur dengan urusan mereka.

Keliatannya nyebelin banget ya orang-orang kayak mereka?

Eits, tapi jangan dulu sebel banget-bangetan sama mereka. Kalau mereka ga sadar sama sifat jelek mereka itu, iya sih nyebelin. Tapi gimana dengan mereka yang sebenarnya sadar dengan sifat jeleknya? Iya, mereka sadar sifat mereka nyebelin tapi susaaah banget pengen ngerubahnya. Walaupun udah berusaha mati-matian buat ngerubah, tetep aja ngerasa gampang tersinggung atau egois buat ga mau maafin duluan kalau lagi bermasalah sama orang lain.

Tapi ternyata setelah diliat-liat dan kalau kita mau ngerubah sudut pandang kita, orang-orang kayak mereka ternyata cuma butuh rasa pengertian. Mereka butuh orang-orang di sekitar mereka, terutama temen dan orang terdekat mereka, paham dan ngerti kalau dia punya sifat jelek itu. Dan mereka butuh temen yang mau ngingetin mereka kalau sifat mereka itu ga baik dan terkadang nyebelin. Iya, bukan sekedar temen yang cuma sekedar bilang iya dan senyum-senyum doang tapi ternyata suka ngejelekin di belakang orangnya. Walaupun terkadang, butuh cara tersendiri buat nyampein apa yang ga kita suka ke mereka.

Kenapa aku bisa ngomong kayak gini? Karena aku punya temen yang sifatnya kayak gitu dan cara ini cukup ampuh untuk membuat dia perlahan tapi pasti mau ngerubah sifatnya. Dan lagi, aku juga punya salah satu sifat nyebelin itu, yaitu gampang marah dan sensian. Ngerasa banget ada di posisi orang yan tahu punya kekurangan dan tahu buat ngerubah sifat jelek itu ga gampang. Just like trying to put myself in others’ shoes, even I know it will not be easy. Adanya penerimaan yang tulus, pengertian dan dibarengi dengan teguran yang lembut dari orang-orang terdekat bakalan jadi cara yang ampuh buat ngebantu dalam ngerubah sikap jelek ini perlahan jadi lebih baik.

Dan yang terpenting dibalik itu semua, pada dasarnya semua manusia itu baik.

With Love,

Salam Semangat!!

8 thoughts on “Besar Hati

  1. Iya fanny…aku jg sempet punya pemikiran bahwa nggak ada orang jahat di dunia ini, karena orang jahat cuma ada di sinetron macam miska di cinta fitri.

    Hmmmm…tapi aku juga suka marah, sensian dan gampang tersinggung, aku juga sering ngerasa begitu susah jadi seorang yg pleghmatis melankolis…

    • nah itu, kalau kayak si Miska nyebelinnya udah ga ketulungan lagi ya mbak Fien hihii

      Tos dulu buat yang melankolisnya, sama kitaa..semoga perlahan-lahan sifat jeleknya bisa kita ubah ya mbaaak🙂

  2. Setuju, pada dasarnya semua manusia itu baik. Semoga kita bisa konsisten untuk bisa menjadi orang yang lebih baik ya Fan *gak boleh manggil Mbak kan ya?😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s