Membaca Yuk!

Holla Readers!!

Kalau dilihat-lilhat, rata-rata blogger yang aku kenal pasti punya hobi membaca. Mulai dari Mas Dani yang emang suka ngereview buku atau e-book yang udah dia baca, terus ada ada uni Izzawati yang seneng banget baca dan ngoleksi buku sampai-sampai kalau bukunya dipinjemin sama orang lain suka ga ingat yang minjem siapa dan buku apa yang dipinjemin. Di kosan juga ada temen satu yang suka banget baca. Ciri khas meja belajar kami hampir sama. Isinya sama-sama deretan novel semua, hampir sepanjang meja. Sebenarnya ada juga sih beberapa textbook kuliah, tapi ya jumlahnya cuma 3 atau 4 buku. Kalau dikira-kirain, perbandingannya ada 1 (textbook kuliah) : 8 (novel). Bedanya kalau meja belajar temenku itu rapi banget tiap harinya, kalau punyaku lebih sering berantakannya hihi.

If you don’t have time to read, you don’t have the time (or the tools) to write. Simple as that.”
― Stephen King

Pernah denger atau baca quote itu?

Nah, ini quote ada benernya aku rasa. Kenapa? Karena kerasa ada perbedaan kebiasaaan nulis ketika dulu waktu aku rajin baca novel sama sekarang yang udah jarang banget baca. Dulu waktu zaman kerja, sewaktu zaman-zaman duit masih lancar ngalir ke rekening tiap bulan, beli buku dalam sebulan bisa 4 atau 5 biji. Yang diniatin novel-novel itu buat bekal bahan bacaan selama 1 bulan ke depan, ternyata bisa dikelarin dalam waktu 1 atau 2 minggu. Selama kebiasaan membaca lancar dan rutin, biasanya ide buat nulis kerasa lebih lancar juga. Sekurang-kurangnya, bahasa nulisnya berasa lebih ngalir aja. Kalau dibandingin sekarang, yang kebiasaan membacanya berkurang drastis, mau nulis sesuatu di blog itu selalu berasa jadi kaku. Harus banyak mikir dulu, baru bisa nulis. Padahal nulis ga harus sebegitu membebankannya ya? Continue reading

Advertisements

EF#10 – Gulai Asam Durian!!!

Holla Readers!!!

Finally, I’ve decided to join BEC. So this is my first challenge and I am so nervous since my English is bad. And the topic of this week challenge is about Indonesian food. Writing the name of the food in English is my first trouble. I confuse to write the name as “Gulai Asam Durian” or “Asam Durian Curry” since I saw dictionary, gulai is called curry in English. But in my thought, curry is like “kari”, something that you eat with “Roti Cane”. Okay, rather than stuck in this thing only, I finally write it still as “Gulai Asam Durian”

So here it is. The Indonesian food that I like most is Gulai Asam Durian. Have you ever heard about the food? It is made from durian *some of made from stale durian or people usually call it “tempoyak”*, water, mill garlic and chili. Yes, the ingredient is as simple as that. You can put fish or chicken as main protein. The food is original from West Sumatra I guess. But some articles said that the food is original from North Aceh. Whatever it is, this food is absolutely Indonesian food. Since I don’t have the picture of the food, so I took a picture from here. You also can get more complete recipe from it.

gajeboctt Continue reading

47 kg

Holla Readers!!

There’s always a first time for everything.

Dan biasanya yang serba pertama kali itu selalu bikin deg-degan. Iya banget, apalagi kalau pertama kali buat ikut donor darah. Bayangan ditusuk-tusuk pake jarum gede terus ngeliat ada darah kita diambil dan ngalir via selang bening. Ngeri!!

Nah jadi ini ceritanya kira-kira seminggu yang lalu, aku nyobain donor darah buat pertama kalinya. Di malam sebelum kegiatan donor darah, si Resti, temen sekosan cerita dia mau ikut donor darah di kampus. Pas dia cerita, akunya jadi kepengen ikutan karena emang belum pernah sama sekali nyobain ikut donor darah.

“Pengen ikutan Ti! Besok jam berapa dan dimana? Barengan ya.”

Terus si Resti malah ngerespon gini,

“Kamu tuh ga memenuhi syarat buat ikut donor darah, terlalu kurus! Soalnya ntar ada berat badan minimal buat ikut donor darah. 47 kg kalau ga salah. Berat badan kamu nyampe segitu ga??”

Asli, jleb. Rese banget si Resti.

Berhubung percaya sama omongan si Resti dan ga yakin juga berat badan bakalan nyampe 47 kg *biasanya berat badan di kisaran 45 atau 46 kg doang*, akhirnya batal deh niat buat ikut donor darah.

Keesokan harinya, karena mau ikutan kelas tahsin bareng Resti siang setelah sholat zuhur, akhirnya kita janjian ketemuan di lokasi acara donor darah di kampus. Nyampe disana, malah iseng nyobain ikut daftar *labil emang, tadi malam padahal niatnya udah dibatalin*. Si petugas nyuruh cek kesehatan dulu.

Pertama, cek dulu berat badan. Naik ke timbangan dan horeee! Continue reading

Besar Hati

Holla Readers!!!

Ngomongin tentang besar hati, perkara berbesar hati mungkin mudah buat orang yang hatinya sudah besar. Maksud aku, berbesar hati mungkin mudah untuk orang yang sifat aslinya sudah baik, legowo, ga neko-neko dan itu tadi, mungkin memang sudah lapang hatinya. Tapi bagaimana dengan orang-orang yang dilahirkan dengan sifat sulit memaafkan, iri melihat keberhasilan orang lain atau gampang tersinggung? Hidup mungkin akan terasa begitu menyesakkan bagi mereka. Sedikit saja orang salah bicara, mereka langsung tersinggung dan marah. Sedikit saja perasaan mereka tersakiti, maka mereka akan sulit sekali memaafkan. Sedikit saja melihat orang lain lebih unggul, maka mereka akan merasa iri. Sedikit saja dinasehati lalu merasa orang lain terlalu ikut campur dengan urusan mereka.

Keliatannya nyebelin banget ya orang-orang kayak mereka?

Eits, tapi jangan dulu sebel banget-bangetan sama mereka. Kalau mereka ga sadar sama sifat jelek mereka itu, iya sih nyebelin. Tapi gimana dengan mereka yang sebenarnya sadar dengan sifat jeleknya? Iya, mereka sadar sifat mereka nyebelin tapi susaaah banget pengen ngerubahnya. Walaupun udah berusaha mati-matian buat ngerubah, tetep aja ngerasa gampang tersinggung atau egois buat ga mau maafin duluan kalau lagi bermasalah sama orang lain.

Tapi ternyata setelah diliat-liat dan kalau kita mau ngerubah sudut pandang kita, orang-orang kayak mereka ternyata cuma butuh rasa pengertian. Mereka Continue reading