Follow Up “Pikiran-Pikiran Yang Berkeliaran” – Kuliah S2 (Content)

Holla Readers !!!

Sebenarnya tulisan yang kemaren hanyalah preamble panjang yang tidak jelas yang menggambarkan betapa konyolnya akibat dari keinginan untuk menaklukan tantangan mengendarai sepeda motor di jalanan licin *harap dimaklumi kalau ada yang tidak mengerti maksudnya*

Beruntung aku tidak dipelototi abang cleaning service.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari cerita yang ini, syukur Alhamdulillah akhirnya orangtuaku mengizinkan aku untuk melanjutkan kuliah S2. Bermodalkan alasan bahwa aku, wanita, tidak mungkin terus-terusan bekerja di remote area seperti sekarang ini maka disetujuilah keinginanku untuk kuliah S2.

Namun seperti yang aku ceritakan sebelumnya, untuk melanjutkan kuliah S2 ini aku tidak ingin merepotkan kedua orangtua di kampung. Sungguh keinginan yang sangat egois di tengah keterbatasan biaya dan tanggungawabku sebagai anak sulung. Apalagi dari segi finansial, pekerjaanku yang sekarang sebenarnya cukup menjanjikan. Namun tidak dari segi batin. Semakin hari keinginan dan suara hati untuk melanjutkan kuliah semakin menjerit untuk dipenuhi.

Keinginan yang besar dan keterbatasan biaya menjadi faktor yang membuat aku lagi-lagi merasa tertantang untuk : menyelesaikan kuliah S2 dengan baik tanpa harus merepotkan orangtua.  Aku ingin merasakan bersusah-susah hidup dan berusaha hanya untuk mendapatkan uang Rp. 10.000 atau Rp. 20.000 saja. Aku ingin lebih menghargai uang receh. Aku ingin bekerja sambil mengenal banyak orang dan tetap mendapatkan IPK yang cemerlang ketika menyelesaikan S2.

Kembali lagi otakku berputar bagaimana caranya agar aku bisa memenuhi biaya pendidikan dan biaya sehari-hari selama kuliah. Akhirnya aku menuliskan beberapa catatan rencana :

  1. Uang yang dibutuhkan untuk biaya pendidikan per semesternya? diusahakan dari beasiswa.
  2. Uang kost dan biaya bulanan? Usahakan dari usaha sampingan atau kerja part time.
  3. Biaya thesis? Usahakan ikut dari proyek dosen.

No jalan-jalan yang mengeluarkan biaya *tapi yes untuk jalan-jalan gratis, hihihi*

Readers, ada yang bisa menambahkan apa lagi biaya lain yang mungkin dibutuhkan selama kuliah?

Karena itu, aku mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang. Ini beberapa “celah” penghasilan yang mungkin saja bisa dilakukan :

  1. Jadi ghost writer *padahal jadi blogger saja masih abal-abal*
  2. Mengajar privat *jadi guru ngaji juga boleh*
  3. Menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai
  4. Reseller produk *jualan baju*
  5. Jadi pengawas try-out Bimbel

Ada ide lain tidak Readers, biar pundi-pundi pendapatanku selama kuliah bisa bertambah?

Jadi rencananya, jika Allah memang mengizinkan, aku akan melanjutkan program Magister di ITB. Semoga tidak terkesan egois mempunyai impian seperti ini ditengah keterbatasan biaya. Memang hanya bermodalkan nekad dan yakin kalau Allah ada selama aku meyakini-Nya. Mungkin sama halnya dengan ketika aku merasa tertantang untuk menaklukan jalanan licin ketika mengendarai sepeda motor. Jalan menuju tujuan memang sangat sulit. Celana sama sepatu bakalan kotor, belum lagi resiko jatuh dan terpeleset. Susah? Pasti iya. Tapi dengan keinginan dan optimisme yang tinggi plus dengan keyakinan bahwa Allah ada untuk niat-niat yang baik, semuanya terasa mungkin.

Jadi Readers, ada yang bisa memberiku pekerjaan sampingan selama aku kuliah di Bandung? Ditunggu saran, masukan, kritik dan bantuannya😀

Aku ingin hidup mendaki puncak tantangan, menerjang batu granit kesulitan, menggoda mara bahaya, dan memecahkan misteri dengan sains. Aku ingin menghirup berupa-rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami labirin lika-liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka.

Aku mendamba kehidupan dengan kemungkinan-kemungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium: meletup tak terduga-duga, menyerap, mengikat, mengganda, berkembang, terurai dan berpencar ke arah yang mengejutkan.

Aku ingin ke tempat-tempat yang jauh, menjumpai beragam bahasa dan orang-orang asing. Aku ingin berkelana, menemukan arahku dengan membaca bintang-gemintang. Aku ingin mengarungi padang dan gurun-gurun, ingin melepuh terbakar matahari, limbung dihantam angin, dan menciut dicengkeram dingin.

Aku ingin kehidupan yang menggetarkan, penuh dengan penaklukan. Aku ingin hidup! Ingin merasakan sari pati hidup!

Andrea Hirata – Edensor

With Love,

Salam Semangat !!!

26 thoughts on “Follow Up “Pikiran-Pikiran Yang Berkeliaran” – Kuliah S2 (Content)

  1. wahahaha,.,.akhirnya dipublish juga sambungannya,.,.hoho
    hhmmm….tambahin satu lagi, karna ny dari t. lingkungan kenapa g coba jadi auditor lingkungan aja.,.lumayan juga tu buat nambah pundi-pundinya plus skill juga nambah,.banyak juga kok yang mo nrima part time *pengalaman teman fiq* hihihi.,.eh biaya tak tertuga belum masuk list *ini wajib ada* hoho biaya bli kertas, printer, tinta, bku, masuk list yang mana??

    faaaannnnyy…. jalan jalan yuukkk😀 tapi jalan kaki,.,. :p

  2. Ini dia intinya….
    pengalaman telah mengajarkan bahwa kuliah tanpa beasiswa, thesis dengan biaya sendiri, dan hidup tanpa pemasukan dari pekerjaan sendiri adalah bagian hidup yang sangat sarat pelajaran. kalimat ambigu Hihi…
    But I really support your planning, and appreciate your confidence.

    Btw, celah penghasilan yg lain adalah jadi webmaster, computer technician, graphic designer, statistic consultant, lab assistant, and many else. Choose the applicable ones.

    • whuaaa….ambiguuuu sekaliiiii…sekaliiiii ambiguuu..hahahaa…

      alamak..computer technisian?fny ga ngerti bagian teknis komputer uda…insyaAllah, baiklah uda…terima kasih banyaakk masukannya…:-D

    • Trus ado ciek lai celahnyo… Setiap pulang kampung kalo diagiah pitih jan ditulak lo… ambiak. Hihi… rasaki tu mah😉

  3. investasi emas yang jangka pendek atau investasi gabungan dengan ambil saham dari pengusaha kelas menengah. dilihat prospek usahanya dulu lumayan kok😀

Leave a Reply

