Ramadhan Tahun ini, Ramadhan Paling Berkah

Holla Readers !!!

Yeeeaaayyy…Marhaban ya Ramadhan !!

Ada status salah satu teman aku di Facebook, yang menurut aku lucu:

Hasil rapat isbat para ulama Uđάђ ϑĩ tentukan, ternyata untuk jadwal puasa tahun ini :
• Untuk islam muhammadyah hari jumat,
• Untuk islam N.U hari sabtu
• Untuk islam KTP senin setelah upacara bendera,,.

Hahahaha…that’s so funny!! Menurut analisa aku, gara-gara banyak perbedaan waktu untuk hari pertama Ramadhan dari berbagai golongan, maka si golongan Islam KTP ga mau ketinggalan ikut meramaikan pilihan hari pertama puasa. Tak mau kalah, akhirnya mereka ikut memutuskan untuk berpuasa setelah upacara bendera selesai *keputusan yang sangat bijaksana, mempertimbangkan nasib anak sekolahan yang hari Senin ikut upacara bendera*.

Rasanya sudah lama sekali, perbedaan waktu awal ramadhan dan Idul Fitri menjadi masalah bagi umat Islam. Entah bagaimana dengan umat Islam di belahan Negara lain, namun setahu aku, di Negara ini sudah sekian lama masalah ini terus timbul. Setiap tahun, masyarakat selalu bertanya kapan hari pertama Ramadhan dimulai. Lalu di akhir Ramadhan, masyarakat juga lagi-lagi akan bertanya hari Raya Idul Fitri jatuh di hari apa *kasihan kan bingung*

Kalau buat aku pribadi, aku mulai berpuasa hari Sabtu tanggal 21 Juli 2012. Bukan karena aku ikut golongan NU atau ikut golongan mana pun. Namun hatiku lebih “klop” untuk berpuasa mulai besok. Toh menurut aku, yang penting niat kita buat beribadah dan jangan sampai terlalu melenceng dari perkiraan awal Ramadhan *kayak puasa setelah upacara bendera*😀

Dan Ramadhan tahun ini, terasa sangat sangat sangat berkah. Kemaren di rumah perantauan *maksudnya di rumah Dayun nan kucinta* ini, sebelum azan Maghrib berkumandang tiba-tiba ibuk tetangga sebelah datang ke rumah dengan tangis terisak-isak. Ibuk Tetangga tersebut langsung menyalami dan memeluk Ibuk Kost sambil terisak meminta maaf *konon kabarnya mereka punya masalah yang tak kunjung terselesaikan*. Mereka saling meminta maaf, berpelukan dan terasa bangeeeettt aura berkah Ramadhan hadir di rumah itu*sampai ikutan nangis ngeliatnya*.

Ramadhan seperti menjadi momen yang tepat dan indah untuk memulai awal yang baru. Kenapa aku bilang awal yang baru? Karena Ramadhan adalah saat yang tepat untuk mulai membersihkan hati dan menyelesaikan perkara-perkara yang mungkin masih terganjal di hati. Di bulan Ramadhan tentunya kita ga ingin ibadah kita jadi rusak hanya karena ada kesalahan yang belum dimaafkan, ada kesalahan yang belum kita mohonkan maaf, ada masalah-masalah yang masih bikin hati sakit dan ada urusan yang masih membuat hati ga enak *aku curcol uhuk*

Di bulan Ramadhan kita belajar mengikhlaskan dan memaafkan. Dengan mengharapkan ridho Allah, walaupun awalnya berat untuk meminta maaf terlebih dahulu *karena ngerasa ga salah sendirian* akhirnya terasa mudah untuk dilakukan. Ganjaran yang langsung terasa ya hati jadi lebih lapang. Berasa ada satu beban yang sudah bisa aku buang dengan baik. Dan meminta maaf ga akan membuat yang meminta maaf menjadi lebih kecil, ini kata di Kajol di film Kabhi Kushi Kabhi Gam *ketauan deh suka film India*

Selamat datang bulan yang siang harinya mulia
Selamat datang bulan yang malamnyapun mulia
Nafas dan tidur kitapun mendapat pahala
Dosapun diampuni doapun diterima

(Hadad Alwi-Marhaban ya Ramadhan)

Bersyukur sangat, aku dipertemukan lagi dengan Ramadhan tahun ini *Alhamdulillah*. Masih dikasih kesempatan buat tobat dan memohon ampun buat dosa-dosa di masa lampau. Daaannnn….yang paling penting itu, bulan Ramadhan kali ini minus kata-kata pacaran. Ga ada “sayang-sayangan” atau “kangen-kangenan” atau “cinta-cintaan”. Benar-benar fokus ibadah tanpa rasa-rasa yang ga jelas yang terkadang hadir gara-gara si pacar.

Ramadhan kali ini, bakalan aku tandain jadi Ramadhan yang paling berkah selama 22 tahun aku hidup. Dengan harap tak ada yang terlewatkan dari Ramadhan tahun ini, semoga Allah berkenan mengampuni dosa-dosa aku *amin ya Allah*

Mohon maaf lahir dan batin saudara-saudaraku….:-)

Ramadhan is a month of Allah..whose beginning is mercy, whose middle is forgiveness, and whose end is freedom from fire – Anonymous

With Love,

Salam Semangat !!!

2 thoughts on “Ramadhan Tahun ini, Ramadhan Paling Berkah

  1. salam semangat!
    aku juga ngerasa gitu mbak, ini ramadhan yang paling berasa, paling khitmat di banding ramadhan yg sudah2😀

    semoga kita termasuk orang2 yang beruntung ^^
    *salam kenal*

    • maaf mbak vivi..komennya baru aku liat *kok komen mbak masuk di spam ya?*

      alhamdulillah kalau gitu…senang rasanya ya mbak, semoga dosa2 kita diampuni Allah SWT..

      amiin ya Allah

      salam kenal juga mbak Vivi…:-)

Leave a Reply

