Happy Earth Day 2012, Mobilize The Earth

Holla Readers !!!

Yiiippiiieeee, Happy Earth Day !! Hari Bumi Sedunia tahun ini jatuh di hari Minggu. Rite, it’s Sunday !!

Hari Bumi pertama kali dicetuskan oleh Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin. Gaylord Nelson mulai menggagaskan tentang kepedulian terhadap bumi sejak tahun 1969. Dan puncaknya tanggal 22 April 1970, jutaan orang turun ke jalan untuk mengecam aksi para perusak lingkungan dan bumi. Sejak saat itu, tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi.

Setiap tanggal 22 April, banyak aktivis lingkungan, mahasiswa, ormas ataupun orang-orang yang menyadari pentingnya kelestarian bumi melakukan kegiatan-kegiatan dengan tema melestarikan lingkungan untuk memperingati Hari Bumi. Mulai dari aksi turun ke jalan, membagi-bagikan pamflet berisikan himbauan untuk melestarikan bumi kepada para pengendara dan pejalan kaki. Ada pula aksi tanam pohon, aksi bersih pantai dan sungai, serta seminar-seminar terkait Hari Bumi.

Bagaikan euforia, semua ikut merayakan Hari Bumi. Untuk sejenak semua orang seperti diingatkan bahwa keadaan Bumi sebenarnya sudah semakin parah. Mulai dari Global Warming yang membuat suhu Bumi makin meningkat, menyebabkan hutan terbakar , membuat es di kutub makin mencair dan muka air laut makin tinggi. Kemudian keadaan dimana sampah sudah semakin menumpuk di got, sungai bahkan laut, menyebabkan banjir dimana-mana dan penyakit lebih mudah menyebar ke manusia. Banyaknya industri yang tidak komitmen dengan kelestarian lingkungan juga makin memperparah keadaan lingkungan. Kita diingatkan bahwasanya Bumi kita ini mempunyai DAYA TAMPUNG tertentu. Lama kelamaan jika kita terus menerus menganggap Bumi ini luas dan tidak akan berpengaruh jika kita merusaknya sedikit saja, maka Bumi tidak akan bisa bertahan lagi karena sudah melebihi daya tampungnya.

Tidak ada masalah dengan hari ini, dengan sekian banyak aktivitas dan himbauan untuk melestarikan Bumi. Namun pertanyaannya, seberapa lamakah aktivitas dan kegiatan untuk melestarikan bumi dan lingkungannya terus kita lakukan? Seberapa lamakah himbauan dan kesadaran bahwasanya lingkungan dan Bumi ini butuh dijaga dan dilestarikan dapat kita ingat? Jangan hanya menunggu tanggal 22 April untuk membuang sampah pada tempatnya, mematikan lampu jika tidak sedang diperlukan, menghemat pemakaian kertas dan mengurangi pemakaian plastik. Jangan hanya menunggu tanggal 22 April untuk para pemilik industri untuk melakukan aksi tanam pohon, aksi jalan sehat atau fun bike atau mengajak masyarakat sekitar industri untuk peduli lingkungan.

Tunjukkan bahwa setiap harinya kita PEDULI dengan kelestarian lingkungan dan Bumi ini. Jangan menjadi egois untuk mengeksploitasi Bumi untuk kepentingan kita pada saat ini, sisakan untuk anak cucu kita nanti. Jika belum mampu menyuarakan dan mempengaruhi orang-orang di sekitar untuk ikut menjaga lingkungan, mulailah dari diri sendiri. Berikut beberapa hal yang sangat sederhana yang dapat kita lakukan untuk membuktikan bahwa kita memang peduli dengan kelestarian Bumi :

  1. Kalau sedang dalam perjalanan dan ada sampah  yang akan dibuang, simpan dulu di dalam tas atau kantong. Setelah menemukan tong sampah, baru buang sampah tersebut ke dalam tong sampah.
  2. Kalau mau belanja di mini market atau ke pasar, usahakan bawa keranjang sendiri untuk mengurangi pemakaian kantong plastik.
  3. Usahakan membawa minum sendiri dari rumah, selain lebih higienis kita dapat mengurangi pemakaian botol plastik.
  4. Jika di rumah banyak botol plastik atau bekas kemasan dari plastik, simpan dulu saja untuk kemudian ditukarkan dengan tukang plastik keliling dengan ember baru. Lumayankan dapat ember baru? Hehe..:-)

Dan masih banyak lagi aktivitas sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Silahkan Readers menambahkan kegiatan apa lagi yang bisa bahkan yang sudah Readers lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Share disini yuk, siapa tau bisa jadi inspirasi buat orang lain.

We do not inherit the earth from our ancestors, we borrow it from our children.

— Native American Proverb

With Love,

Salam Semangat !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s