Grogi ??? Eeuuhh, Mana Tahan !!!

Holla Readers !!

Happy Monday🙂

Butuh saran agar tidak merasa grogi dan gugup yang berlebihan kalau berbicara di depan umum? Ini dia jawabannya. Check these out Readers !

  1. Usahakan untuk menguasai materi yang akan disampaikan, karena sama saja bohong ketika Readers berbicara di depan umum tapi tidak tahu apa yang akan dibicarakan. Sounds weird, right?
  2. Sebelum tampil, kenali terlebih dahulu lokasi atau tempat Readers akan berbicara. Seperti dimana Readers berdiri atau duduk ketika berbicara dan dimana audience duduk melihat Readers.
  3. Ada baiknya buatlah catatan kecil tentang poin-poin apa yang akan Readers bicarakan. Ini berguna agar tidak ada poin yang tertinggal dan membuat Readers lebih siap.
  4. Berlatihlah berbicara di depan cermin, berulang kali sampai Readers lancar untuk membicarakan topik yang akan disampaikan. Atau Readers juga bisa meminta Teman yang Readers percaya untuk berpura-pura menjadi audience dan menilai kekurangan Readers selama berbicara. Ingatlah, latihan dan persiapan yang matang akan membuat Readers merasa lebih percaya diri.
  5. Beberapa menit sebelum tampil, bersama tim teknis, usahakan untuk mengecek kesiapan hal-hal teknis seperti LCD, microphone, laptop, dan lain-lain. Ini berguna untuk mengurangi kemungkinan adanya kesalahan teknis yang bisa mengakibatkan rasa gugup bertambah akibat panik ketika kesalahan teknis terjadi.
  6. Pakailah pakaian yang sesuai dengan konteks acara dan membuat Readers merasa nyaman ketika tampil. Rasa nyaman tersebut akan membantu menambah rasa kepercayaan diri Readers.
  7. Beberapa detik sebelum acara dimulai, pastinya jantung akan berdetak cepat akibat rasa gugup. Solusinya Readers bisa menarik nafas dalam-dalam, tahan sebentar kemudian lepaskan perlahan. Ulangi berulang kali, sampai Readers merasa lebih tenang.
  8. Ketika tampil, berusahalah untuk tersenyum dan menganggap bahwa Readers MAMPU berbicara tentang topik tersebut dengan baik. Self-Suggestion sangat berperan penting dalam membuat Readers merasa yakin dan percaya diri.
  9. Dan yang paling penting, jangan lupa berdoa. Karena persiapan sebagus apapun tidak ada artinya jika Tuhan tidak meridhoi🙂

Rasa grogi dan gugup ketika akan tampil di muka umum adalah hal yang sangat lumrah. Biasanya rasa ini muncul ketika kita akan tampil di muka umum untuk pertama kali. Namun rasa ini biasanya akan hilang bersamaan dengan seringnya kita tampil di muka umum. Rasa grogi atau gugup sebenarnya sangat bermanfaat untuk pembicara, asalkan dalam porsi yang pas. Rasa gugup membantu kita untuk merasa was-was dan berhati-hati ketika berbicara. Rasa ini juga membantu agar kita melakukan lebih banyak latihan dan persiapan yang matang agar tidak membuat malu diri sendiri ketika berbicara. Karena banyak kasus akibat terlalu percaya diri, tampil berbicara di muka umum tanpa latihan dan persiapan ujung-ujungnya malahan membuat si Pembicara bingung dan tidak tahu apa yang akan dibicarakan.

Bagaimana dengan Readers? Punya tips lain untuk mengurangi rasa gugup akibat tampil di depan umum? Yuk share disini, biar jadi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

With Love,

Salam Semangat !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s