Kebakaran !!! Jangan Panik, Pelajari Cara Menggunakan APAR

Holla Readers !!!

Masih di hari yang sama, sebuah ide muncul. Yap, hari ini aku akan berbagi tentang cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) atau bahasa kerennya “Fire Extinguisher”. Buat jaga-jaga biar kalau seandainya terjadi kebakaran di rumah atau di kantor, kita semua bisa melakukan tindakan pertama sebelum api membesar.

Nah, gambar diatas yang pake safety helm putih, itu bukan APAR. ;-) Yang tabung-tabung berwarna merah, itu baru APAR yang biasa digunakan untuk memadamkan api ringan. Biasanya APAR diletakkan di kantor di dekat pintu keluar. Atau tergantung penempatannya pada masing-masing lokasi.

Bagaimana cara menggunakan APAR? Yuk, kita lihat gambar dibawah ini (sumber gambar : http://www.safetysign.co.id)

Dari gambar diatas, dapat kita lihat bahwa ada beberapa cara menggunakan APAR, yaitu:

  1. Cabut pin untuk membuka segel APAR. Pin ini terletak di bagian atas tabung APAR.
  2. Arahkan nozzle atau ujung noze ke arah api.
  3. Kemudian tekan handle tabung untuk mengeluarkan isi tabung.
  4. Semprotkan ke arah kiri dan kanan api secara merata.

Pada saat menyemprotkan isi APAR ke api, usahakan untuk membelakangi arah angin untuk menghindari api menyebar ke arah kita.

Semoga artikel dan beberapa gambar diatas bisa membantu Readers agar bisa menggunakan APAR. Tidak ada ruginya mengetahui, untuk persiapan di keadaan darurat. Semoga bermanfaat.

With Love,

Salam Semangat !!!

About these ads

11 thoughts on “Kebakaran !!! Jangan Panik, Pelajari Cara Menggunakan APAR

  1. Assalammualaikum ka…
    ka, mau nanya nih, kalo cara ngisi ulang APAR itu kaya gimana sih tahap-tahapnya? :) mohon dibantu yaaa (tugas sekolah).. sebelumnya terimakasih.. wassallammualaikum wr. wb

    -Meidina

    • wlkumsalam Meidina..
      Isi APAR itu ada beberapa macam Meidina, untuk lebih jelasnya mungkin Mei bisa lihat sendiri di PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI No : PER.04/MEN/1980 TENTANG SYARAT-SYARAT PEMASANGAN DAN PEMELIHARAN ALAT PEMADAM API RINGAN.

      Nah tergantung tugas Meidina sekarang buat APAR yang jenis apa. Kalau yang ada di artikel kakak, itu jenis APAR yang isinya CO2. Cara buat isi ulangnya dengan cara mengganti cartridgenya aja. Moga penjelasan kakak bisa membantu ya Meidina, kalau ada yang bisa kakak bantu lagi, silahkan tanyakan lagi yaa..:-)

    • ohehe, iyaa kaa, aparnya bebas ko :)
      oh iya ka, mau tanya lagi nih, boleh yaa?? :)
      kalau cara mengisi ulang APAR tapi bukan jenis cartridge gmna ya ka? contohnya apar jenis air atau busa?
      tolong yaa kaa,,,
      sebelumnya terimakasih, kaka udah banyak bantu nihh,, :D makasih banyak yaa kaaa :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s